Jumat, Desember 8, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gandeng Bulog, Pemkab Kukar Segera Salurkan Beras Bantuan Badan Pangan Nasional

TENGGARONG – Berkerjasama dengan Bulog, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera salurkan bantuan pangan beras dari Badan Pangan Nasional. Bantuan ini berasal dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Nantinya, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan berupa penyaluran beras sebanyak 10 kilogram (kg) per bulan. Dimana bantuan pangan ini akan disalurkan selama 3 bulan beruntun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar, Sutikno, menerangkan Badan Pangan Nasional telah menunjuk Perum Bulog untuk melakukan penyaluran CPP tersebut hingga ke kelurahan dan desa. Bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan serta pihak pemerintah kecamatan.

“Di Kukar penyaluran akan kita mulai pada 10 Oktober 2023, nanti Pak Bupati yang akan menyalurkan,” kata Sutikno.

Ia menambahkan, khusus untuk Kukar, bantuan ini akan diberikan kepada 19.246 KPM dan disalurkan selama tiga bulan. Terhitung dari bulan September hingga November 2023. Dengan total bantuan yang akan disalurkan sebanyak 577,38 ton beras.

“Program ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” tambahnya.

Bantuan ini disalurkan dalam rangka penanganan stunting yang digalakkan secara nasional. Sutikno juga berkata, sejauh ini stok kebutuhan bahan pokok Kukar cukup terkendali. Karena pemkab juga memberikan bantuan stimulan, kepada masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di seluruh desa dan kelurahan di Kukar selama 3 bulan.

“Kita berharap dengan penyaluran bantuan-bantuan seperti ini dapat menjaga kestabilan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular