Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Francesco Bagnaia Back to Back di Assen

ASSEN– Marco Bezzecchi pantas gondok. Misi mengakhiri GP Belanda dengan sempurna gagal diwujudkan. Adalah Francesco Bagnaia yang menjadi biang keladinya. Dia menjadi kampiun pada balapan utama di Sirkuit Assen sepanjang 26 lap, Minggu malam, 25 Juni 2023.

Padahal, di setiap sesi sejak Jumat, 23 Juni 2023, Bezzecchi selalu jadi yang tercepat. Dari latihan pertama, latihan kedua, latihan bebas, kualifikasi hingga balapan sprint race sepanjang 13 lap. Kemenangan ini sekaligus membuat Bagnaia sukses menjadi pemenang back to back di Assen. Itu karena tahun lalu dia juga menjadi pemenang balapan ini.

“Hasil yang fantastis. Sungguh balapan yang tidak mudah. Aku mencoba terus menjaga jarak sampai lap terakhir. Aku berusaha mempertahankannya sekuat tenaga. Aku cinta dengan sirkuit ini,” ucap Bagnaia dalam wawancara di parc ferme.

Kemenangan ini menjadi podium tertinggi keempat yang telah diraih Bagnaia dari delapan balapan yang telah berlangsung. Pembalap berjuluk Pecco itu makin kukuh di puncak klasemen dengan 194 poin.  Pembalap Pramac Ducati Jorge Martin membuntuti di posisi kedua dengan raihan 159 angka. Berjarak 35 poin dari Bagnaia.

Selain Bezzecchi yang meraih podium kedua, podium ketiga balapan ini diraih oleh pembalap Aprilia Aleix Espargaro. Pembalap Spanyol itu sejatinya hanya finis keempat. Namun, dia berhak naik ke posisi ketiga setelah pembalap KTM Brad Binder yang finis di posisi itu melorot akibat menyentuh track limit.

Ini menjadi kejadian kali kedua yang dialami Binder di GP Belanda. Sebelumnya pembalap asal Afrika Selatan itu juga kehilangan podium ketiganya di sprint race akibat menyentuh track limit di lap terakhir. Setelah ini para pembalap akan menjalani summer break sebulan penuh. Balapan MotoGP terdekat adalah GP Inggris di sirkuit Silverstone pada 6 Agustus mendatang. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular