Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Festival Kampong Seraong 2024: Perayaan Budaya di Desa Jembayan Tengah

TENGGARONG – Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), sukses menjadi tuan rumah Festival Kampong Seraong 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah Desa Jembayan dengan dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) berlangsung dari 5 hingga 9 Juni 2024 lalu, bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Jembayan Tengah yang ke-18.

Dispar Kukar melihat acara ini sebagai kesempatan untuk mempromosikan budaya lokal dan potensi desa.

Rangkaian acara festival mencakup berbagai pertunjukan seni, pameran produk lokal, lomba-lomba tradisional, dan kuliner khas daerah.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro, menyatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh dengan menyediakan perlengkapan, panggung, dan pertunjukan kesenian.

“Festival ini juga menjadi bagian dari program Kukar Kaya Festival, yang bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dan memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat,” ujarnya baru-baru ini.

Acara menarik yang dijadwalkan meliputi pentas kesenian, pawai, perlombaan, bazar, Zumba, doorprize, serta pertunjukan Seni Adat Seraung dan Seni Adat Topeng Pantul. Selain itu, akan ada workshop pembuatan seraong, lomba gasing, dan lomba azan untuk anak-anak.

Selama ini, Dispar Kukar tidak hanya mendukung Festival Kampong Seraong, tetapi juga memfasilitasi berbagai festival di daerah lain, seperti Festival Mencaq Undat di Kecamatan Tabang dan festival di Dusun Putak Desa Loa Duri Ilir. Pihaknya berharap festival-festival ini bisa diperbanyak, terutama di kecamatan yang memiliki basis budaya kuat.

“Yang pasti Dispar Kukar selalu mendukung festival budaya di Kukar, secara berkelanjutan, ya kami berkomitmen untuk melestarikan budaya lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Kukar,” tutupnya. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular