Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Entaskan Pengangguran, BLK Berau Harus Jadi Kenyataan, Bukan Sekadar Wacana

TANJUNG REDEB – Perencanaan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau kembali menjadi sorotan legislatif. Pasalnya hingga kini belum terealisasi.

Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong mengungkapkan, perencanaan pembangunan BLK sudah sejak beberapa tahun terakhir diwacanakan namun belum dieksekusi oleh eksekutif.

“Padahal, pembangunan BLK merupakan salah satu dari 18 program prioritas pemerintah daerah. Tapi sekarang belum ada realisasinya,” bebernya, Senin (25/3/2024).

Menurutnya, dengan berdirinya BLK dapat mengentaskan angka pengangguran di Bumi Batiwakkal. Dirinya pun meminta keseriusan Pemkab Berau untuk segera melaksanakan program yang sudah ditetapkan. “Karena kita harus mempersiapkan tenaga kerja supaya bisa mengakomodasi para pengangguran,” tegasnya.

Meski dalam hal ini merupakan tugas dari pemerintah, lanjut dia, tidak lepas pula dari peran pihak ketiga dalam menunjang persiapan tenaga kerja lokal. “Harusnya perusahaan-perusahaan aktif ikut membantu mempersiapkan pencari kerja dengan cara membekali keahlian. Supaya sumber daya manusia lokal bisa lebih diberdayakan,” tuturnya.

Ia berharap, pembangunan BLK tidak sekadar bahasa, melainkan ada aksi dari pemerintah untuk merealisasikan. “Diharapkan bisa segera terlaksana, mengingat banyak lulusan SMA yang belum memiliki keahlian khusus untuk bekerja. Sehingga mereka nantinya siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular