Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Enam Rusa Sambar Dilepaskan di Areal Kantor Bupati PPU

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyaksikan langsung pelepasan rusa sambar di areal pemerintahan. Tepatnya ke lokasi penangkaran milik Pemkab PPU yang telah disiapkan tepat di belakang Kantor Bupati PPU, Kilometer 9 Nipah-Nipah, Kamis, (15/2/2024).

Sejumlah rusa sambar ini dikirim langsung dari UPTD PTHPT penangkaran rusa milik Pemprov Kaltim yang berada di Desa Api-api, Kecamatan Waru, PPU. Untuk tahap awal ini, sebanyak enam ekor rusa telah dilepas ke lokasi penangkaran tersebut dari jumlah yang direncanakan sebanyak sepuluh ekor.

Rusa-rusa ini diangkut menggunakan kotak tertutup dari bahan kayu yang diangkut menggunakan kendaraan truk. “Agar rusa-rusa ini tidak setres untuk awal-awal ini jangan terlalu di dekati. Biarkan rusa yang ada menyesuaikan lingkungan barunya dulu,” ucapnya di sela-sela pelepasan.

Seperti diketahui sebelumnya, keberadaan rusa yang merupakan ikon di daerah berjuluk Benuo Taka. Hal inilah yang membuat Makmur berkeinginan untuk membangun penangkaran rusa di wilayah Kantor Bupati PPU.

“Menurut Saya belum lengkap, karena rusa sebagai ikon daerah tetapi hanya patung rusa saja yang terpampang di Pemkab PPU, makanya Saya minta harus ada penangkaran rusa di kawasan Kantor Bupati PPU ini,” jelasnya.

Adapun pembangunan penangkaran rusa di kawasan Kantor Bupati PPU ini, sejalan dengan saran Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, yang juga meminta agar dilakukan pembangunan tempat pemberdayaan rusa sambar yang lebih representatif buat masyarakat. Sebab keberadaan UPTD penangkaran rusa desa Api-api saat ini telah melebihi kapasitas jumlah rusa yang ada disana. (ADV/Humas/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular