Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung IKN, Bontang-Berau-Kutim Didorong Proaktif Unggulkan Potensi Daerah

SAMARINDA – Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dibangun di Kalimantan Timur (Kaltim) akan memberikan dampak positif bagi seluruh daerah di provinsi ini. Oleh karena itu, Anggota DPRD Kaltim, daerah pemilihan Bontang-Kutai Timur (Kutim)-Berau Agus Aras, mengajak tiga daerah tersebut untuk proaktif mendukung adanya IKN.

Menurut Agus, IKN merupakan proyek strategis yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di Kaltim. Untuk itu, ia mengharapkan agar pemerintah daerah di Bontang, Kutim, dan Berau dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambut IKN.

“Kita harus melihat peluang dan tantangan yang akan muncul dengan adanya IKN. Kita harus memanfaatkan potensi dan keunggulan masing-masing daerah untuk mendukung keberhasilan IKN,” kata Agus.

Agus mencontohkan, Kutim memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, yang dapat menjadi sumber pasokan sandang dan pangan bagi IKN. Namun, ia juga menekankan perlunya peningkatan sumber daya manusia yang unggul dan ketahanan pangan di Kutim.

“Kutim harus mampu mengembangkan sektor pertanian yang berkualitas dan berdaya saing. Kutim harus menjadi lumbung pangan bagi IKN dan daerah lainnya,” ujar Agus.

Sementara itu, Bontang yang dikenal sebagai kota industri, juga harus terus mengembangkan sektor ini dengan inovasi dan teknologi. Agus mengatakan bahwa Bontang dapat menjadi pusat industri yang mendukung kebutuhan IKN.

“Bontang harus terus meningkatkan kapasitas dan kinerja industri di kota ini. Bontang harus menjadi mitra strategis bagi IKN dalam hal industri,” tutur Agus.

Di sisi lain, Berau juga memiliki potensi dalam sektor pertanian dan perkebunan, terutama budidaya palawija. Agus mengatakan bahwa Berau dapat menjadi penyedia komoditas pertanian dan perkebunan yang bermutu dan bernilai tambah.

“Berau harus terus mengoptimalkan sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini. Berau harus menjadi penghasil palawija dan produk lainnya yang dapat memenuhi permintaan IKN,” papar Agus.

Politisi Demokrat ini berharap, dengan adanya kesiapan dan dukungan dari Bontang, Kutim, dan Berau, maka IKN akan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ia juga mengapresiasi langkah pemerintah pusat dan provinsi dalam merealisasikan pembangunan IKN.

“IKN adalah impian kita bersama. Kita harus bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung IKN. Kita harus bersama-sama membangun IKN untuk kemajuan Kaltim dan Indonesia,” pungkas Agus.(adv/dprdkaltim/kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular