Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Misi Skuad Garuda di FIFA Matchday

SURABAYA – Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday pada Juni ini. Menghadapi Palestina dan sang juara Piala Dunia 2022, Argentina. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menargetkan timnya mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Selain untuk memperbaiki posisi di ranking FIFA, STY ingin memaksimalkan persiapan timnya jelang Piala Asia 2023 Qatar.

Rabu (14/6) malam, skuad Garuda akan menjamu Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Melawan Palestina yang terpaut 56 peringkat di ranking FIFA (Palestina peringkat ke-93, Indonesia peringkat ke-149), peluang untuk meraih kemenangan tetap terbuka. STY menegaskan, timnas harus bekerja keras untuk mendapatkan poin penuh agar bisa kembali naik di peringkat FIFA. “TC (training center) kami memang lama, tapi pemain baru berkumpul semua Senin (12/6). Waktu persiapan sangat sedikit,’’ ucap STY.

Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk kedua laga FIFA Matchday. Memang, kendala yang dihadapi juru taktik berpaspor Korea Selatan tersebut waktu berkumpul pemain yang tidak berbarengan. Sehingga membuatnya tidak leluasa untuk menerapkan pola permainan.

Khusus melawan Palestina, STY mengaku sudah melihat beberapa video pertandingan tim berjuluk The Knight tersebut.  Palestina, dikatakan STY memiliki power. Mereka bermain dengan mengandalkan kekuatan dan postur tubuh pemainnya.

’’Di Piala Asia tahun depan, Indonesia akan bertemu tim-tim seperti Palestina. Mungkin jauh lebih baik lagi. Jadi, saya ingin melihat seperti apa Indonesia sekarang,’’ tegasnya.

Selain Sandy Walsh yang tidak bisa bermain, STY ingin melihat bagaimana kombinasi Jordi Amat, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner bermain. STY menyatakan, dirinya akan menampilkan sesuatu yang baru di skuad Merah Putih. Dia akan memakai taktik yang sedikit berbeda dari biasanya.

Hal yang sama ditargetkan pelatih Palestina, Makram Dabboub. Laga melawan Indonesia akan dijadikan sebagai ajang pemanasan untuk Piala Asia tahun depan. ’’Juga ada kualifikasi Piala Dunia pada November besok. Tentu ranking FIFA,’’ bebernya.

Meski ranking Indonesia jauh di bawah Palestina, Makram menegaskan tidak akan menganggap remeh. Menurut dia, secara kualitas Marselino Ferdinan dkk sangat bagus. ’’Kami tetap harus waspada. Pemain harus bisa menampilkan yang terbaik,’’ tegasnya. (kn)

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-2-1-3): 20-Ernando Ari (g); 22-Yance Sayuri, 19-Fachruddin Aryanto (c), 23-Rizky Ridho, 12-Pratama Arhan; 23-Marc Klok, 15-Ricky Kambuaya; 10-Stefano Lilipaly; 7-Marselino Ferdinan, 11-Dendy Sulistyawan, 9-Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Palestina (4-2-3-1): 22-Rami Hamadeh (g/c); 17-Mousa Farawi, 15-Michael Termaini, 5-Mohammed Saleh, 14-Samer Jondi; 3-Mohammed Rashid, 8-Mohammed Yameen; 21-Islam Batran, 6-Odai Kharoub, 13-Abu Warda; 9-Tamer Seyam

Pelatih: Makram Dabboub

Venue: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Live: MNC pukul 19.30 WIB

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular