Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPU Kukar Prioritaskan Konektivitas dan Infrastruktur Jalan

TENGGARONG – Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara (DPU Kukar) diburu waktu. Jelang pergantian tahun, pihaknya diharapkan segera merampungkan pekerjaan yang menjadi prioritas. Salah satunya infrastruktur jalan untuk menyambungkan jalan kecamatan, jalan usaha tani, dan sektor pariwisata.

Hal tersebut ditegaskan Kepala DPU Kukar, Wiyono. Infrastruktur jalan tersebut menjadi program prioritas yang harus dikerjakan. Bahkan menjadi poin penting yang disampaikan Bupati Edi Damansyah  saat melantiknya menjadi kepala DPU Kukar definitif belum lama ini.

Khusus untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kukar 2021-2026, sebanyak 5 kecamatan ditunjuk sebagai kawasan pengembangan pertanian. Yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, dan Loa Kulu.

Sehingga ini dianggap penting karena dapat mempercepat perputaran ekonomi di Kukar. Tidak hanya memudahkan para petani, namun juga akan berdampak besar kepada destinasi pariwisata hingga kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“DPU Kukar mematangkan rencana bersama Dinas Pertanian Kukar dan Dinas Pariwisata Kukar. Bila sesuai rencana, pengerjaan jalan di lima kecamatan tersebut akan selesai secara bertahap,” jelas Wiyono.

Lima jalan kecamatan yang dibangun tersebut akan dicanangkan 100 persen berstatus mantap. Khusus jalan kabupaten yang belum mantap akan menjadi mantap. “Konektivitas antar wilayah akan makin meningkat, termasuk perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular