Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Berau Dorong Perbaikan Fasilitas Wisata: Transformasi Destinasi di Pulau Derawan dan Maratua

TANJUNG REDEB – Keindahan panorama Pulau Derawan dan Maratua di Berau sudah tidak diragukan lagi. Namun, di balik keindahannya, masih ada beberapa fasilitas wisata yang perlu dibenahi dan ditambah.

“Fasilitas penunjang seperti dermaga, toilet, dan kebersihan perlu ditingkatkan agar wisatawan merasa nyaman,” kata Saga, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Berau, belum lama ini.

Pemkab Berau perlu melakukan inventarisasi sarana dan prasarana (sarpras) di kedua pulau tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui kebutuhan wisatawan dan meningkatkan kualitas wisata di Berau.

“Hal itu memang perlu dipersiapkan secara maksimal. Apalagi wisata Berau akan menjadi penyokong Sektor Pariwisata untuk IKN ke depan,” ujarnya.

Selain itu, kata Saga, dengan melakukan inventarisasi, pihak pemerintah dapat mengetahui mana saja fasilitas pendukung yang perlu dibenahi, baik Pulau Maratua maupun Pulau Derawan.

“Sebab, apabila fasilitas yang tersedia terpenuhi, tentu hal ini akan berdampak pada wisatawan yang akan berkunjung,” ujarnya.

Selain itu, Saga berharap Pemkab Berau juga menata sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar area pariwisata. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi lokal dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Harapannya warga setempat juga menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi di kawasan pariwisata. Sehingga yang diuntungkan tidak hanya investor, tapi juga warga lokal setempat,” pungkasnya. (adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular