Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dinkes Kutai Kartanegara Bentuk Tim Penggerak Kesehatan Jiwa Masyarakat

TENGGARONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah merencanakan pembentukan Tim Penggerak Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan Supriyadi, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kukar, kepada KoranNusantara beberapa hari yang lalu.

Tim ini akan terdiri dari berbagai instansi seperti Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Satpol PP, dan camat setempat, mengikuti model yang berhasil di Boyolali dimana setiap desa memiliki kader kesehatan jiwa sendiri.

“Kami akan menjalankan proyek percontohan di Tenggarong dengan melibatkan 3 kepala puskesmas,” kata Supriyadi kepada mediakaltim.com.

Diharapkan dengan adanya TPKJM, ODGJ di Kukar bisa teridentifikasi dan terdata dengan baik, serta mendapatkan perawatan yang tepat sehingga tidak berkeliaran di jalanan. Setelah sembuh, mereka akan diserahkan kembali kepada keluarganya masing-masing.

“Meskipun ini tantangan besar, terutama karena beberapa berasal dari keluarga yang tidak mampu dan masih ada stigma masyarakat terhadap mereka,” tambahnya.

Saat ini, Dinsos Kukar menampung ODGJ di Panti Sosial yang berlokasi di Jalan Pesut, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong. Namun, ODGJ yang baru ditemukan langsung dirujuk dan dirawat di RSJD Atma Husada Samarinda. Setelah kondisinya stabil, mereka dikembalikan ke Dinsos Kukar, mengingat risiko bagi masyarakat sekitar jika kondisi ODGJ tidak terkontrol.

“Jika mereka tidak memiliki keluarga, kami akan menampung mereka di sana. Namun, jika ada keluarganya, kami akan mencari dan menghubungi keluarganya untuk mengembalikannya,” jelas Supriyadi.

Tercatat, jumlah ODGJ di Kukar terus meningkat setiap tahunnya, mencapai 100 persen, yang setara dengan 1 persen dari total penduduk Kukar. Pada tahun 2023, terdapat 855 orang yang terdata sebagai ODGJ di Kukar. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular