Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dinkes Kukar Tingkatkan Upaya Pencarian Kasus TBC untuk Capai Eliminasi Tahun 2030

TENGGARONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengintensifkan upaya dalam penanganan Tuberkulosis (TBC), sebagai bagian dari agenda eliminasi TBC pada tahun 2030. Pada tahun 2023, tercatat sebanyak 1.153 kasus TBC di Kukar, yang sebagian besar menyerang usia orang dewasa.

Menurut Supriyadi, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kukar, penemuan kasus merupakan langkah awal yang krusial dalam mengejar target eliminasi TBC. “Kita harus menemukan kasus sebanyak-banyaknya agar penanganannya dapat dilakukan dengan segera,” ujarnya.

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan skrining pada berbagai sasaran, mulai dari lembaga pemasyarakatan (lapas) hingga pasien yang berobat di Puskesmas. Sasaran skrining meliputi individu yang mengalami gejala seperti batuk selama 2 pekan berturut-turut, demam tinggi, dan penurunan berat badan secara drastis, serta 10 orang kontak erat dari pasien yang dinyatakan positif TBC.

Dinkes Kukar telah meningkatkan target skrining TBC pada tahun ini, dengan menargetkan 9.851 orang dan 1.643 kasus yang ditemukan. Upaya ini didukung dengan penyiapan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) di 32 puskesmas di 20 kecamatan.

“Kami memiliki cita-cita untuk mengeliminasi TBC sebelum tahun 2030,” ungkap Supriyadi dengan harapan bahwa upaya ini akan mempercepat pencapaian target eliminasi TBC. (adv)

Penulis: Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular