Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dinas Perikanan PPU Gencarkan Makan Ikan dalam Pencegahan Stunting

PPU – Dinas Perikanan Penajam Paser Utara (PPU) mengusung program utama di 2024 yang salah satunya terkait dengan 7 program utama amanat Presiden RI, Joko Widodo. Di antaranya berkaitan dengan penanganan stunting, kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi.

Kepala Dinas Perikanan PPU, Rozihan Asward mengatakan pada program kerja 2024 ini akan fokus pada penanganan stunting yang merupakan salah satu program Nasional. Salah satunya, dengan melaksanakan lomba pengolahan ikan yang dilaksanakan pada beberapa hari yang lalu, sekaligus memperingati HUT ke-22 PPU.

“Dengan perlonbaam tersebut harapannya dapat bersinergi dengan pembinaan keluarga, sekaligus memberikan ilmu kepada masyarakat bahwa ikan dapat diolah dengan berbagai macam masakan,” terangnya, Senin (18/3/2024).

Selain itu, dengan berbagai resep yang beragam tersebut akan lebih meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Sehingga permasalahan kekurangan gizi dapat teratasi, sebagaimana diketahui ikan mengandung banyak manfaat yang menunjang pertumbuhan anak.

“Ikan kan sangat mudah ditemui di PPU, makanya bisa jadi alternatif yang tepat untuk menunjang nutrisi anak,” terang Rozihan.

Belum lagi, ikan untuk PPU dapat mudah dijangkau dengan harga yang relatif murah. Sehingga ikan dapat menjadi protein pengganti selain ayam dan daging dengan harga yang lebih murah.

“Ini juga sinkron dengan pengentasan kemiskinan ekstrem, karena sangat berkaitan antara stunting dan pertumbuhan ekonomi, maka makan ikan bisa jadi alternatif yang bagus,” tutup Rozihan. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular