Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dikawal Ulama, Anies-Muhaimin Daftar di Hari Pertama

KORANUSANTARA – Saat kandidat capres lain masih disibukkan dengan pencarian pendamping, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) kian gencar menggelar safari politik. Pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan tersebut juga memastikan mendaftarkan diri ke KPU RI di hari pertama pendaftaran yakni Kamis, 19 Oktober 2023.

Selasa, 17 Oktober 2023, keduanya melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai pelengkap syarat pendaftaran. Anies menjalani medical check-up (MCU) di RSUP Fatmawati Jakarta. Bersama sejumlah pendukungnya, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut memilih datang ke rumah sakit (RS) dengan mengendarai sepeda ontel dari kediamannya di kawasan Lebak Bulus Dalam II.

Saat tiba di RSUP sekitar pukul 07.41 WIB, Anies disambut Direktur Layanan Operasional dr Aldrin Neilwan dan Direktur Medik dan Keperawatan dr Wahyu Widodo. Anies menjelaskan, tim dokter mengambil sampel darah dan urine. Selain itu, psikiater juga melakukan wawancara. ”Kemudian dilakukan foto rontgen. Itu yang tadi (kemarin, Red) dijalankan,” ungkapnya.

Hasil MCU tersebut keluar Rabu, 18 Oktober 2023. Surat itu kemudian dimasukkan bersama berkas-berkas lain sebagai persyaratan running di Pilpres 2024. Anies menyatakan, keputusan mendaftar lebih awal dibanding bacapres lain itu merupakan bentuk keseriusan. ”Karena ini mau mengurus negara, mengurus masa depan bangsa, harus dengan keseriusan, harus dengan perencanaan dan kami coba kerjakan itu dengan baik,” tegasnya.

Dari Tangerang, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh juga memastikan pasangan Amin akan mendaftar hari pertama sekitar pukul 08.00 WIB. ”Jelang pendaftaran, semua sudah dijalani dan berjalan dengan baik, ” katanya kepada wartawan setelah menghadiri pelantikan pengurus DPW dan pembekalan bacaleg Nasdem se-Provinsi Banten.

Sementara itu, sehari menjelang pendaftaran, ulama yang tergabung dalam Gerakan Nahdliyyin Bersatu (GNB) juga akan men-support pasangan Amin. Bahkan, GNB memberangkatkan 19 ulama untuk melaksanakan doa bersama. ”Kami akan terus memberikan support secara maksimal agar pasangan Koalisi Perubahan ini menang di Pilpres 2024,” ungkap KH Cholil Nawawi (Gus Cholil) dari GNB dalam siaran tertulisnya.

Jika terpilih sebagai pemimpin Indonesia, para ulama berharap pasangan Amin antara lain makin mengutamakan kesejahteraan pesantren. Sebab, pesantren merupakan salah satu benteng kekuatan dan pertahanan Indonesia dari segala bentuk ancaman apa pun. Terutama moral dan akhlak. ”Tidak hanya sebatas mendoakan, tapi akan terus membantu dalam pemenangan atau menyosialisasikan pasangan Amin,” kata Gus Cholil. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular