Rabu, Desember 6, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dibutuhkan Pencari Kerja, Rudi Dorong Pemkab Realisasikan Pembangunan BLK

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi Mangunsong mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau segera merealisasikan Balai Latihan Kerja (BLK). BLK katanya, sangat dibutuhkan para pencari kerja untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Apalagi BLK sangat dibutuhkan seiring tingginya angka pencari kerja. “Wacana pembangunan BLK ini sudah cukup lama, saya pikir hal ini harus segera diwujudkan,” ujarnya. Diketahui, BLK rencananya akan dibangun di Kecamatan Sambaliung.

Keberadaan BLK tersebut, kata Rudi, akan menjadi angin segar bagi pencari kerja untuk meningkatkan skill dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai kapasitas kebutuhan perusahaan. Saat ini, Pemkab Berau hanya mengandalkan BLK milik perusahaan. Namun masih sangat terbatas.

“Sementara jumlah pencari kerja hingga saat ini terus bertambah. Jangan cuma andalkan BLK milik perusahaan, apalagi jumlah yang dapat ditampung pada BLK itu terbatas,” jelasnya.

Semakin hari jumlah pencari kerja semakin bertambah. Salah satunya dari fresh graduate yang pasti membutuhkan pelatihan untuk bekal mereka memasuki dunia kerja. Ia juga mendesak agar pembangunan BLK tersebut masuk skala prioritas pembangunan oleh Pemkab Berau.

“Jika BLK tersebut berhasil dibangun, saya yakin yang akan menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Berau,” tuturnya.

Pasalnya kata dia, rata-rata masyarakat yang membutuhkan BLK yang tenaga kerja siap di lapangan. “Melalui BLK ini para calon pekerja bisa dibina dan dilatih agar siap terjun ke lapangan,” tandasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular