Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dewan Pers Ingatkan Insan Pers Mengawal Pemilu 2024

JAKARTA – Pemilihan umum merupakan pesta demokrasi bagi warga Indonesia. Bukan hanya bagi partai politik (parpol) dengan para elitenya. Karena itulah, Dewan Pers mengajak semua pihak, mulai pemangku kepentingan, masyarakat, termasuk insan pers, agar berkolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Dewan Pers sekali lagi ingin mengajak semua pihak. Mari berkolaborasi dan bekerja bersama, baik yang berbasis media maupun yang berbasis masyarakat, untuk bersama-sama mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” kata Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat memberikan sambutan dalam acara Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024 di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Menurut Ninik, seluruh elemen bangsa Indonesia menjadi bagian penting dalam mewujudkan ekosistem demokrasi lebih baik melalui penyelenggaraan Pemilu 2024 yang baik pula. “Oleh karena itu, satu dengan yang lainnya, kami berharap, bisa bersinergi sehingga kita bisa mewujudkan demokrasi yang kita harapkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ninik menyampaikan pula beberapa poin komitmen dari seruan pers sebagai kesepakatan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara pada 9 Februari 2023.

Salah satu komitmen itu adalah bahwa kejadian di Pemilu 2019 yang menyebabkan keterbelahan atau polarisasi bangsa tidak terjadi kembali. Kemudian, pers selalu berkomitmen memegang kode etik jurnalistik dalam bekerja. “Ketiga, insan pers selalu menjaga komitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara,” lanjut Ninik.

Berikutnya, pers didorong untuk tidak terjebak dalam arus informasi media sosial yang kebenarannya sering kali sulit dipertanggungjawabkan. Poin selanjutnya adalah Dewan Pers berkomitmen akan selalu menjaga muruah kebebasan pers di Indonesia agar tetap berdiri sebagai pilar demokrasi.(kn) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular