Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Sepakat Kukar Dapat 2 Unit Pemadam Kebakaran Portable dari Pemkab Kukar

TENGGARONG – Desa Sepakat yang terletak di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dipastikan akan menerima dua unit pemadam kebakaran portable dari Pemerintah Kabupaten Kukar pada tahun 2024 ini.

Informasi tersebut disampaikan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Sepakat, Daud, saat di temui diruangnya oleh wartawan KoranNusantara.com, Dia mengungkapkan bahwa pemberian bantuan tersebut merupakan upaya pemkab dalam meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, khususnya kebakaran.

“Kami baru saja dihubungi oleh dinas terkait, bahwa kita akan mendapatkan bantuan dua unit pemadam kebakaran portable. Meskipun belum secara fisik hadir, namun ini merupakan langkah positif yang sangat kami apresiasi,” ujar Daud.

Menurut Daud, alat pemadam kebakaran tersebut merupakan bentuk sinergi antara desa dengan pemerintah kabupaten. Bantuan serupa juga telah diterima pada tahun sebelumnya, tapi alat Pemadam portable yang kapasitas kecil pengadaan juga dari desa, dan untuk yang terbaru dari pemkab untuk mesin Pemadam portable kapasitas besar.

Daud mengakui bahwa meskipun alat tersebut portable, namun memerlukan beberapa orang untuk mengoperasikannya. “kemungkinan harus empat orang buat mengangkut alat ini,” ujarnya.

Selain itu, Daud juga menyampaikan bahwa pihak desa telah membentuk relawan penanggulangan bencana dari tahun lalu, dengan personil 15 orang per desa. Hal ini dianggap sebagai langkah strategis dalam memperkuat kesiapsiagaan desa dalam menghadapi berbagai bencana.

Dalam kesempatan yang sama, Daud juga menyampaikan terima kasih atas bantuan-bantuan dari Pemkab Kukar.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah, baik dalam bentuk pemadam kebakaran maupun bantuan lainnya. Semoga dengan adanya bantuan ini, kami dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai situasi darurat di masa yang akan datang,” tutup Daud.

Berdasarkan penjelasan dari Sekdes Sepakat, dapat disimpulkan bahwa bantuan ini menjadi sebuah langkah positif dalam meningkatkan ketahanan dan kesiapsiagaan masyarakat Desa Sepakat dalam menghadapi potensi kebakaran di wilayah mereka. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular