Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Rempanga: Upaya Meningkatkan Literasi Teknologi

TENGGARONG – Desa Rempanga, yang terletak di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan literasi teknologi bagi masyarakatnya. Pada Selasa (23/4/2024), Desa Rempanga berhasil menyelenggarakan Pelatihan Software dan Hardware yang diikuti oleh 17 peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk anggota Ruang Komunitas Desa Digital (RKDD), Posyandu, PKK, RT, BPD, dan LPM.

Narasumber utama dalam acara ini adalah Irfan Ananta, seorang teknisi berpengalaman dari Samarinda. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Desa Rempanga, Norsari, bersama dengan Duta Digital, Ratna Dewi, dan Kader Desa Digital, Nursiah. Pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 13.00 Wita dengan materi yang difokuskan pada pengetahuan mengenai software dan hardware laptop/komputer.

Kepala Desa Rempanga, Norsari, menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten atas dukungan mereka dalam menjadikan Desa Rempanga sebagai lokus program desa cerdas. “Ini adalah kelanjutan dari program desa cerdas yan sudah kami selenggarakan tahun lalu, kegiatan seperti orientasi desa cerdas, diantaranya seperti 1 pelatihan pengelolaan media sosial dan website, pelatihan administrasi online, pemetaan digital, dan literasi digital pada tahun 2023,” paparnya.

Untuk tahun 2024, Desa Rempanga merencanakan sejumlah pelatihan yang meliputi maintenance laptop/PC (hardware dan software), pelatihan desain grafis menggunakan Corel Draw, digital marketing, dan jurnalistik. “Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi warga desa. Rencananya, dua pelatihan akan diselenggarakan pada bulan April ini, dengan pelatihan maintenance sebagai tahap awal, diikuti oleh pelatihan desain grafis yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni mendatang. Pelatihan-pelatihan lainnya juga akan dilaksanakan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan,” tutupnya. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular