Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Loa Lepu di Kutai Kartanegara Terus Tingkatkan Koordinasi dengan Pemerintah untuk Pembangunan

TENGGARONG – Desa Loa Lepu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus memperkuat koordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pembangunan wilayahnya. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Desa, Rudian Noor, saat menerima kunjungan dari wartawan KoranNusantara.com.

“Iya kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait baik itu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Anggota Dewan,”(DPRD),” akunya.

Rudian Noor menyatakan bahwa pendapatan anggaran yang tersedia pada APBDes Desa Loa Lepu seharusnya cukup untuk mendukung pembangunan di berbagai sektor, namun masih kurang memadai terutama dalam infrastruktur.

Oleh karena itu, setiap orang dalam perumusan kebijakan desa berupaya keras untuk melaksanakan kebijakan yang sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) baik saat ini maupun ke depan.

Dalam upaya mengatasi keterbatasan tersebut, Desa Loa Lepu secara aktif membuka akses untuk melibatkan pihak terkait, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, anggota DPRD, dan pihak terkait lainnya. “Mangkanya kami juga bekerjasama dengan masyarakat didorong untuk turut serta dalam merumuskan usulan pembangunan yang prioritasnya ditentukan berdasarkan kebutuhan lokal,”ungkapnya

Rudian Noor juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menyampaikan ide dan proposal untuk kepentingan bersama. “Jadi untuk masyarakat kami pemerintah desa selalu membuka pintu untuk menerima usulan yang dapat memfasilitasi kepentingan dan permasalahan masyarakat, untuk di usulkan kepada pemerintah,”ujarnya.

Dalam konteks alokasi anggaran, Desa Loa Lepu mengutamakan pendekatan musyawarah untuk menentukan prioritas pembangunan. Meskipun anggaran Desa Loa Lepu terbatas, mereka berupaya mengalokasikan dana sebesar mungkin ke sektor yang dianggap paling penting, baik melalui pendanaan langsung dari negara, APBDes, maupun bantuan dari pihak terkait lainnya.

“Karena APBDes kita masih kecil kita berharap bantuan pembangunan dari pemkab dan melalui pokir pokir anggota Dewan, untuk pembangunan infrastruktur struktur terutama dan pembangunan sumber daya manusia,” tambahnya.

Dengan demikian, melalui kerjasama antara pemerintah desa, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, Desa Loa Lepu terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan wilayahnya sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal.(adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular