Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Loa Lepu Ajukan Usulan Pembangunan Infratruktur Fisik Jalan

TENGGARONG – Desa Loa Lepu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah mengajukan usulan pembangunan infrastruktur fisik jalan untuk calon permukiman baru. Sumali, Kepala Desa Loa Lepu, bersama Sekretaris Desa Rudian Noor, menyampaikan hal ini dalam sebuah pertemuan dengan Wartawan KoranNusantara.com di kantor desa.

 

Menurut Rudian, usulan tersebut didasarkan pada suara dan aspirasi langsung dari masyarakat Desa Loa Lepu yang telah dikumpulkan dalam beberapa musyawarah sebelumnya. “Kami membuka peluang bagi masyarakat untuk mengusulkan pembangunan yang mereka inginkan, dan kami menggagas usulan-usulan berdasarkan hasil musyawarah tersebut,” ujarnya.

Rudian juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, mulai dari tingkat kabupaten hingga masyarakat, untuk memastikan kelancaran pembangunan desa. “Konsep pembangunan harus berjalan sejalan dengan anggaran yang tersedia. Oleh karena itu, kami merespons aspirasi masyarakat yang digawangi oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menghasilkan konsep-konsep yang sesuai,” tambahnya.

Salah satu aspek penting yang ditekankan adalah pengembangan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan pemukiman baru. Rudian menyatakan perlunya pembangunan jalan-jalan yang memadai untuk mengakses area pemukiman baru, dengan harapan dapat mengamankan aset desa dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu, pemerintah desa juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam perencanaan pembangunan ke depannya, dengan mempertimbangkan pemetaan tata ruang yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. “Kami menghimbau agar masyarakat terlibat aktif dalam mengkonsep pembangunan di masa mendatang, dengan memperhatikan kebutuhan akan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan bersama,” tutup Rudian.

Selain Infrastruktur jalan, Rudian juga menyoroti pentingnya Infrastruktur pendukung lainnya yakni listrik dan air bersih, untuk keperluan masyarakat bermukim diwilayah baru, karena listrik dan air merupakan kebutuhan pokok warga.

Usulan pembangunan ini menandai langkah penting dalam memastikan kelangsungan pembangunan dan pertumbuhan Desa Loa Lepu menuju masa depan yang lebih baik.

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular