Rabu, April 24, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Loa Duri Ulu di Kutai Kartanegara Masih Terisolasi dari Jaringan Telekomunikasi

TENGGARONG – Desa Loa Duri Ulu, yang terletak di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, masih memiliki Dusun yang terisolasi dari jaringan internet dan telepon seluler meskipun teknologi komunikasi terus berkembang. Meskipun telah ada program Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika, jaringan telekomunikasi belum mencapai salah satu dusun 4 bernama Musaping.

Kepala Desa Loa Duri Ilir, Muhammad Arsyad, menyampaikan bahwa wilayah mereka masih belum tersentuh sinyal internet hingga saat ini. “Dusun musaping masih blank spot, tidak ada sinyal sekali, hanya satu dusun ini yang belum ada sinyal,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah pusat melalui programnya dapat membangun menara atau tower BTS (Base Transceiver Station) agar semua warga di Dusun Musaping dapat menggunakan handphone untuk keperluan komunikasi mereka.”Kita jadi terkendala soal komunikasi, padahal dizaman ini Komunikasi sesuatu yang penting bagi warga jika terjadi hal-hal yang butuh penanganan cepat,” imbuhnya.

Keadaan ini menunjukkan tantangan yang masih dihadapi oleh beberapa daerah di Indonesia dalam mengakses teknologi komunikasi yang lebih canggih. Dengan terkoneksi ke jaringan telekomunikasi yang lebih baik, diharapkan masyarakat Desa Loa Duri Ulu dapat lebih mudah berkomunikasi dan mengakses informasi yang penting untuk kehidupan sehari-hari mereka. “Kami berharap pemerintah membangun menara bts disana agar semua warga bisa mengikuti kemajuan atau perubahan zaman dari handphone mereka, dan tidak ada lagi yang terisolir dari jaringan internet,” pungkasnya. (Adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular