Rabu, April 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dampak Ekonomi Gelaran Konser Ed Sheeran di Jakarta Capai Rp 200 Miliar

JAKARTA – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan gelaran konser Ed Sheeran di Jakarta memberikan dampak positif terhadap perekonomian negara. Sandiaga menyebut dampak ekonomi yang dicapai berkisar Rp 150-200 miliar.

“Kemarin ada beberapa konser juga seperti Ed Sheeran yang lumayan dampak ekonominya. Seperti Ed Sheeran aja kita hitung di atas Rp 150-200 miliar,” kata Sandiaga Uno dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2024).

Selain Ed Sheeran, konser Coldplay pada November 2023 juga sukses besar. Sandiaga optimistis, jika konser berskala internasional digelar selama lebih dari sehari, dampak perekonomian yang diraih RI bisa mencapai Rp 1 triliun.

“Berarti kalau ada satu konser yang bisa 2-3 hari dilaksanakan di Indonesia, bukan mustahil dampak ekonominya mencapai Rp 1 triliun,” ujarnya.

Sandiaga juga mengungkap arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan perhelatan konser berskala internasional selama 6 bulan hingga 5 tahun ke depan. Selain konser, Jokowi juga meminta agar penyelenggaraan event olahraga dan seni kelas dunia ditarik ke RI.

“Kemarin Pak Presiden beri arahan langsung kepada saya, untuk menyiapkan selama 6 bulan ke depan dan 5 tahun ke depan, konser besar, event olahraga dan event dunia, event seni dan budaya ditarik ke RI,” kata Sandiaga Uno.

Melalui arahan tersebut, kata dia, diharapkan proses penawaran (bidding) bisa dilakukan sebelum pemerintahan Jokowi berakhir pada Oktober 2024. Sehingga, perhelatan konser maupun event kelas dunia bisa digelar sekalipun pemerintahan telah berganti.

“Itu arahan langsung dari Pak Presiden nanti pemerintahan terpilih, kita bidding-nya sekarang, tapi konsernya bisa di 2024 maupun di 2025 ke depan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ed Sheeran menggelar konser bertajuk bertajuk ‘Ed Sheeran: + – = x Tour 2024 in Jakarta’ di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (2/3/2024). (Dtc/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular