Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cetak Sejarah, Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

JAKARTA – Dengan Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/2024) malam. Indonesia dipastikan Indonesia masuk ke 16 besar Piala Asia 2023.

Ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan. Pada laga terakhir Grup F Piala Asia 2023, Oman unggul pada menit kedelapan lewat

Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.
Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar.

Dengan masuknya ke babak 16 besar Piala Asia, Timnas Indonesia berpotensi meraup hadiah belasan hingga puluhan  miliar rupiah. Lantas berapa besaran hadiah Piala Asia 2023?

Total hadiah yang disiapkan AFC untuk Piala Asia 2023 adalah USD 14,8 juta. Hadiah itu akan dibagikan pada setiap peserta bergantung pada prestasi dan partisipasi mereka di Piala Asia 2023.

Pada tahap awal, setiap peserta termasuk anak asuhan Shin Tae-Yong akan dapat hadiah USD 200 ribu (sekitar Rp 3,1 miliar). Jadi, terlepas dari hasil yang didapat pada fase grup, Indonesia sudah pasti dapat hadiah dengan nilai tersebut dari Piala Asia 2023 Qatar. Jika mampu lolos dari fase grup, hadiah yang dikantongi Timnas Indonesia sudah pasti makin besar.

Jika mampu lolos ke babak semifinal, Timnas Indonesia akan mendapatkan USD 1 juta atau setara Rp 15,8 miliar (kurs 15.807 per USD). Sementara, jika menjadi juara, Indonesia akan dapat USD 5 juta atau setara Rp 79 miliar (kurs 15.807 per USD).

Sementara, kalah di final membuat tim akan dapat USD 3 juta atau setara Rp 47,4 miliar  (kurs 15.807 per USD). Sebelumnya, Piala Asia 2023 berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Turnamen ke-18 sepanjang masa ini bakal berlangsung di Qatar.
Turnamen paling bergengsi antarbangsa Asia ini semula dijadwalkan digelar di China. Namun, Negeri Tirai Bambu menarik diri karena Covid-19.

Qatar menyanggupi sebagai tuan rumah pengganti. Namun, kompetisi harus mundur dari semula musim panas 2023 menjadi awal tahun 2024 karena kondisi iklim Timur Tengah.

Sebanyak 24 tim memastikan tempat di turnamen usai menjalani kualifikasi. Ada tujuh mantan juara yang berpeluang menambah koleksi gelar, yakni negara tersukses Jepang (4 trofi), juara bertahan Qatar (1), Korea Selatan (2), Iran (3), Arab Saudi (3), Australia (1), dan Irak (1). Tajikistan menjadi satu-satunya debutan pada Piala Asia kali ini.

Usai undian fase grup, setiap peserta bakal melakoni tiga pertandingan untuk mengamankan tempat ke putaran selanjutnya. Hanya juara dan runner-up yang lolos otomatis ke babak 16 besar. Sisa empat kursi akan diberikan ke peringkat tiga terbaik. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular