Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Kukar Resmikan Festival Ramadan IV di Maluhu: Memperkuat Kebersamaan dan Ekonomi Lokal

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah secara resmi membuka Festival Ramadhan IV tingkat Kelurahan Maluhu 1445 Hijriah/2024 Masehi. Acara megah tersebut digelar di halaman Masjid Al Musyawaroh Maluhu pada Jumat (22/3/2024) malam yang lalu.

Dalam suasana penuh khidmat, pembukaan festival ini ditandai dengan pemukulan beduk dan penyalaan kembang api, disaksikan oleh para tamu undangan yang turut hadir memeriahkan acara. Kegiatan dimulai dengan peninjauan Gerobak Berkah UMKM binaan BAZNAS Kukar serta penyerahan paket sembako dari Pemerintah Kabupaten Kukar dan BAZNAS Kukar kepada masyarakat.

Festival Ramadan kali ini menampilkan sejumlah perlombaan yang menarik, seperti Hafalan Surah Pendek, Adzan, Qiroah, Kaligrafi, dan Gerebek Sahur, yang akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 28 Maret mendatang.

Bupati Edi menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat kebersamaan selama bulan Ramadan, dengan harapan dapat memberikan motivasi, khususnya bagi generasi muda. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan syiar Islam di kalangan generasi muda, yang diharapkan dapat mencintai festival-festival bernuansa islami. “Karena itu, nuansanya harus berbasis islami, sehingga esensinya dapat tersampaikan dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Edi menegaskan bahwa kegiatan ini juga melibatkan kolaborasi dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Maluhu, dengan tujuan meningkatkan perekonomian lokal dan memberikan mereka kesempatan serta waktu untuk berjualan. Beliau mengungkapkan bahwa kolaborasi semacam ini harus terus diperkuat dan dipertahankan, tidak hanya dari segi keagamaan, tetapi juga dari sisi ekonomi kerakyatan.

“Dengan kerja sama antara pembinaan keagamaan dan ekonomi kerakyatan, saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, terutama di Kelurahan Maluhu,” harap Bupati Edi. Dengan semangat yang menggelora, Festival Ramadan IV di Maluhu diharapkan akan menjadi momentum yang berarti bagi masyarakat setempat dalam mempererat jalinan kebersamaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi. (Han/adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular