Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka Porseni II Tingkat MTs 2024, Pj Bupati PPU; Ajang Aktualisasi Potensi Siswa

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara ( PPU), Makmur Marbun secara resmi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) II se-PPU. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Girimukti, Kecamatan Penajam, Senin (26/2/2024).

Porseni ini merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan prestasi, khususnya di bidang olahraga dan seni untuk prestasi. Kegiatan ini diikuti oleh 11 madrasah tsanawiah (MTs) negeri maupun swasta, dengan jumlah peserta sebanyak 382 kontingen dan dilaksanakan dari mulai 26 sampai 29 Februari 2024.

Makmur dalam arahannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan di tingkat MTs ini tentunya bisa mengaktualisasikan potensi para peserta secara aktif, produktif dan kreatif. Hal ini penting karena dapat mengembangkan sisi positif dalam diri peserta didik, baik kepribadian, kepemimpinan, kedisiplinan, kejujuran dan lain sebagainya.

“Oleh karena, saya menyambut baik kegiatan ini, karena kita semua mengetahui bahwa dari sekian banyak siswa-siswi, tentu ada yang memiliki bakat atau keahlian dibidang olahraga dan seni,” katanya.

Oleh karenanya, melalui kegiatan Porseni ini, selain dapat melihat anak didik beraksi menampilkan bakat dan keahliannya di bidang olahraga dan seni, kiranya juga dapat dijadikan sebagai media untuk lebih menghargai dan mengapresiasi profesi guru yang selama ini berjasa besar dalam mendidik anak bangsa. Juga nantinya dapat menyongsong Ibukota Nusantara, menjadi generasi unggul dan dapat bersaing menghadapi persaingan global.

“Kepada para anak-anakku peserta yang akan bertanding, junjung tinggi sportivitas dan kejujuran, karena inti dari sebuah kompetisi bukan mencari siapa menang siapa kalah, tetapi adalah bagaimana kita dapat bersikap sportif dan jujur, bukan hanya kepada orang lain, tetapi yang terpenting kepada diri sendiri,” jelas Makmur.

Tampak hadir dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) PPU, Pemerintah Desa Girimukti, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), para dewan pengawas sekolah dan para kontingan lomba setiap sekolah MTs se-PPU.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Kemenag PPU, Muhammad Syarir menyampaikan ucapan terima kasih pada dukungan Pemkab PPU. Khususnya pada Makmur Marbun yang telah membawa hal baik pada daerah berjuluk Benuo Taka ini.

“Bahwa ada sesuatu yang Pj Bupati bawa dari Jakarta ke PPU, yakni etos kerja. Di mana etos kerja ini sangat penting untuk kontribusi daerah PPU yang merupakan bagian dari IKN sekaligus menuju Indonesia Emas tahun 2045.”

“Beliau bergerak cepat untuk kita bisa bersaing dengan SDM yang nantinya akan datang ke wilayah PPU,” pungkasnya. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular