Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka MTQ Ke-19 di Waru, Pj Bupati PPU ; Dorong Peningkatan Masyarakat Cinta Al-Qur’an

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-19 Tingkat Kabupaten PPU pada Sabtu (27/4/2024) malam di lapangan Kelurahan Waru. Kegiatan ini diikuti oleh empat kafilah dari empat kecamatan yang ada di PPU, yakni Waru, Penajam, Babulu, dan Sepaku.

MTQ ke-19 ini mengangkat tema “Dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an Kita Wujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur’an untuk Bangsa yang Bermartabat di Serambi Nusantara”. Pembukaan resmi ditandai denga penekanan tombol sirine beserta jajaran Pemkab PPU dan para perwakilan sponsor.

“Menyukseskan acara ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi PPU,” ucapnya.

Makmur menyampaikan penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk mempelajari dan memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia. MTQ ini, sebutnya, dapat menjadi tolok ukur dinamika aktivitas pembinaan seni baca Al-Qur’an di PPU.

“MTQ merupakan tradisi yang melekat dengan kultur bangsa kita. Mengingat selain menjadi media dakwah, juga secara nyata terbukti mampu menjadi daya dorong memacu kecepatan pembangunan daerah. Kegiatan ini juga menjadi forum yang baik antar lintas etnis dan sesama warga di PPU,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan tidak disikapi sebagai kegiatan seremonial saja, tetapi menjadi momentum strategis yang mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat. Baik dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Dalam kegiatan ini, 324 khafilah ambil bagian dari 4 kecamatan yang ada di Benuo Taka. Terdiri dari 53 orang majelis hakim dan 70 khafilah, Waru 70 khafilah, Babulu 70 khafilah serta Sepaku 61 khafilah.

“Perayaan MTQ ke 19 dapat berperan dalam seleksi MTQ tingkat selanjutnya, provinsi bahkan nasional bahkan internasional. Oleh karena itu, atas nama Pemkab PPU saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih pada masyarakat dan seluruh pihak yang telah mendukung dan berkontribusi adanya kegiatan ini,” tutup Makmur. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular