Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Brigjen TNI Djon Afriandi Resmi Jabat Danjen Kopassus

JAKARTA – Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Djon Afriandi resmi menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sebelumnya, jabatan ini diemban oleh Mayjen Deddy Suryadi.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) Danjen Kopassus digelar di Lapangan Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (8/3/2024) sore.

Mayjen Deddy memberikan ucapan selamat kepada Brigadir Jenderal Djon Afriandi atas amanah jabatan baru sebagai Danjen Kopassus. Mayjen Deddy pun pamit setelah menjabat sejak April 2023. Dia akan pindah dinas dengan menjabat Pangdam IV/Diponegoro.

“Sebagai konsekuensi dari jabatan ini, hari ini saya menyerahkan seluruh satuan Kopassus, termasuk personel, materiil, dan perlengkapan lainnya, kepada Danjen Kopassus,” ujar Mayjen Deddy dalam sambutannya.

Setelah menyerahkan jabatannya, Mayjen Deddy berharap Kopassus dapat menjadi semakin baik. Dia berkeinginan agar Kopassus menjadi satuan yang membanggakan bagi bangsa Indonesia.

“Saya berharap, pada kesempatan ini, terjadi regenerasi di Kopassus. Saya yakin dengan kepemimpinan dan arahan yang diberikan oleh Brigadir Jenderal TNI Djon Afriandi, Kopassus akan menjadi lebih baik, lebih maju, dan lebih profesional,” ungkapnya.

Mayjen Deddy juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengannya, seperti Wadanjen Kopassus, komandan satuan, asisten, para prajurit, bintara, tamtama, serta seluruh pegawai negeri sipil.

“Kami yakin dan percaya bahwa apa yang telah kami berikan dapat dilaksanakan oleh Danjen Kopassus,” ucapnya.

Sebelum berpamitan, Deddy meminta maaf kepada seluruh prajurit dan rekannya jika ada kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja. Kendati demikian, dia yakin bahwa prajurit hingga pegawai negeri sipil dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi.

“Ini dilakukan untuk menjaga kehormatan satuan Kopassus di manapun berada,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Brigjen Djon Afriandi menegaskan kesiapannya untuk menerima tanggung jawab dan amanah sebagai Danjen Kopassus. Dia berkomitmen dan siap untuk memimpin dan melayani seluruh anggota satuan tersebut.

“Insya Allah, saya akan melanjutkan apa yang telah diperintahkan dengan kemampuan terbaik saya. Kami akan membuat hari ini menjadi lebih baik dari kemarin, dan hari esok akan menjadi lebih baik lagi dari hari ini,” tegas Djon.

Selanjutnya, dia mengucapkan terima kasih kepada Mayjen Deddy Suryadi atas dedikasinya dalam membangun Kopassus. Dia juga berdoa agar Deddy selalu diberkati dan diberikan kesehatan.

“Semoga apa yang telah dilakukan akan mendapat berkah bagi Mayjen Deddy dan keluarganya, serta yang terbaik dalam karier dan kesehatannya,” katanya.

Setelah menerima tanggung jawab tersebut, Brigadir Jenderal Djon mengajak seluruh anggota satuan untuk bekerja sama dalam menjadikan Kopassus menjadi lebih profesional. Dia juga berharap agar anggota satuan memiliki spiritualitas yang kuat.

“Kepada para anggota, mari kita bersama-sama membangun Kopassus ini. Berikan yang terbaik dari diri kita. Jadikanlah Kopassus menjadi satuan yang profesional, adaptif, dan modern, tetapi tetap didasari oleh iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya. (dtc/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular