Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Brasil Dampingi Spanyol ke Babak 16 Besar

KORANUSANTARA– Salah satu laga krusial di FIBA World Cup 2023 telah berakhir. Brasil keluar sebagai pemenang saat menantang Pantai Gading. Marcelo Huertes dkk pun berhak melaju ke putaran kedua alias babak 16 besar. Brasil memastikan tiket lolos setelah menang 89-77 atas Pantai Gading di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Meski menang, perjuangan Brasil di laga tersebut tidaklah mudah. Mereka malah sempat terseok-seok di kuarter pertama. Pasukan Gustavo Conti kesulitan keluar dari tekanan Pantai Gading. Mereka bahkan sempat tertinggal tipis 23-25. Tapi, Brasil bisa membalikkan keadaan menjadi 50-46 untuk menutup paruh pertama.

Laga ketat kembali tersaji usai jeda. Brasil terus berupaya mempertahankan keunggulan di tengah upaya Pantai Gading untuk mengejar ketertinggalan. Hingga akhirnya tim Samba memastikan kemenangan dengan selisih nyaris 10 angka.

Pelatih Brasil Gustavo Conti mengatakan, ketatnya laga dan adu fisik melawan Pantai Gading sudah diprediksi olehnya. Terutama di kuarter akhir saat intensitas laga menjadi kian meningkat. “Kami perlu mengantisipasi bola rebound. Karena sejak awal mereka mampu melakukannya,” katanya dalam jumpa pers pasca laga. Dalam laga panas tersebut, Yago Santos jadi bintangnya. Point guard Brasil itu sukses mencetak 24 poin dan 12 assist. Kemudian ada Tim Soares dengan 15 angka, Georginho De Paula (13), dan Bruno Caboclo (12) yang turut mendapatkan double digit poin  melawan Pantai Gading.

Sementara dari kubu lawan, ada lima pemain yang double digit. Tapi jumlahnya tidak sebanyak  Brasil. Terbanyak hanyalah 13 poin lewat Cedric Bah. Ia juga tercatat mendapatkan 13 rebound. Pemain veteran Solo Diabate menyusul dengan 12 poin. Lalu Jean Philippe Dally (11 poin), Bazoumana Kone dan Assemian Moulare dengan masing-masing sepuluh poin. Soares sendiri menilai pemain Brasil mampu mengeksekusi strategi dan rencana Conti dengan baik. “Semua pemain juga bermain dengan sangat bagus. Siapapun yang ada di lapangan membantu tim kami meraih kemenangan,” ucapnya.

Berkat kemenangan ini, Brasil telah mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. Tim Samba pun berhak mendampingi Spanyol untuk lolos ke putaran kedua dari grup G. Brasil selanjutnya akan beraksi di babak 16 besar. Mereka tergabung di grup L bersama dengan Spanyol, Kanada, dan Latvia. Mereka hanya akan menghadapi tim-tim dari grup H saja karena duel melawan tim di grup yang sama tidak dipertandingkan lagi. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular