Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BONPRI Ulang Tahun ke-3: Terobosan Layanan Presensi yang Semakin Matang

BONTANG – Bontang Prima (Presensi Melalui Aplikasi), atau biasa disingkat BONPRI, merayakan ulang tahunnya yang ke-3 pada tahun 2024.

Kelahiran BONPRI merupakan inovasi dan solusi atas tantangan yang dihadapi selama pandemi COVID-19, yang mulai menyebar di seluruh negeri, termasuk di Kota Bontang yang tercinta.

Presensi online melalui aplikasi di ponsel Android dianggap efisien untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, mengingat sebelumnya pegawai harus bersentuhan dengan peralatan absensi yang digunakan bersama, seperti fingerprint.

Meskipun usianya masih muda, BONPRI terus berbenah dan menyesuaikan diri dengan dinamika dan kebutuhan layanan presensi pegawai.

Beberapa menu baru telah ditambahkan dalam aplikasi ini sebagai upaya Pemerintah Kota Bontang, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), untuk menghadirkan solusi dan mitigasi atas masalah yang mungkin muncul selama presensi online.

Apa saja pembaruan ini? Mari kita bahas menu-menu baru dalam aplikasi BONPRI yang akan dijelaskan oleh Tim redaksi.

Pertama, MENU DOKUMEN. Dalam menu ini, Anda akan menemukan berbagai peraturan yang berkaitan dengan kedisiplinan pegawai, mulai dari aturan seragam harian, informasi cuti, jam kerja, hingga hari libur pegawai, semuanya disajikan lengkap dalam menu ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari informasi secara terpisah, cukup baca dan diskusikan bersama rekan atau teman di kantor.

Kedua, MENU CHECKPOINT. Menu ini bersifat opsional dan sangat istimewa, terutama bagi mereka yang bertugas di area perkantoran Bontang Lestari atau di pulau-pulau pesisir. Melalui menu ini, Anda dapat membuktikan kehadiran Anda pada tengah hari jika pada pagi harinya Anda belum dapat melakukan check-in dalam jangkauan. Misalnya, jika Anda pagi-pagi harus menghadiri rapat di luar jangkauan, atau dalam kasus ekstrem seperti pegawai atau guru yang tidak dapat segera menyeberangi lautan pada pagi hari karena gangguan cuaca yang mengakibatkan tertundanya perjalanan kapal ke tempat tugas di pulau-pulau pesisir.

Perlu diingat, bagi Anda yang berencana menggunakan menu ini, pada pagi hari Anda harus tetap melakukan check-in di luar jangkauan seperti biasa, di mana pun Anda berada atau sedang ditugaskan.

Ketiga, MENU APLIKASI LAINNYA. BONPRI juga menyediakan dua aplikasi tambahan, yaitu Menu Aplikasi Gerbang Jaya (Gerakan Pengembangan Jaringan dan Sumber Daya Aparatur) dan Menu Aplikasi SIKAPKU (Sistem Integrasi Kepegawaian Dan Keuangan).

Melalui Aplikasi Gerbang Jaya, Anda dapat mengakses informasi mengenai diklat dan pengembangan kompetensi, serta mengunggah informasi, data, dan berkas terkait pengembangan kompetensi Anda sendiri. Sedangkan melalui Aplikasi SIKAPKU, Anda sebagai pegawai dapat mengakses rincian nominal gaji dan tunjangan kinerja Anda, yang diperbarui setiap bulan, dan memastikan integrasi sistem yang tepat waktu terhadap perubahan angka pembayaran gaji dan tunjangan setiap ASN, seperti kenaikan gaji pegawai akibat kenaikan pangkat atau kenaikan gaji berkala.

Selain menyediakan menu-menu baru yang memudahkan, BONPRI juga mengakomodir beberapa proses bisnis baru, seperti foto selfie wajah untuk memperkuat pembuktian kehadiran pegawai.

Saat ini, BONPRI sudah dapat diakses melalui smartphone berbasis iOS, sehingga pegawai yang menggunakan perangkat Apple dapat mengunduhnya langsung melalui App Store.

Prinsipnya, dengan menghadirkan sejumlah menu dan proses bisnis baru yang memudahkan, BONPRI bertujuan menjadi layanan presensi pegawai yang benar-benar prima, sesuai dengan namanya, yaitu: BONTANG PRIMA. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular