Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bicara di KTT ASEAN-GCC, Presiden Jokowi Sampaikan Isu Ekonomi hingga Kemanusiaan

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih disibukkan dengan agenda di luar negeri. Jumat, 20 Oktober 2023, Presiden menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council) di Riyadh, Arab Saudi. Pada kesempatan itu, Jokowi berbicara tentang berbagai isu. Mulai ekonomi hingga kemanusiaan.

Presiden menuturkan, Indonesia sebagai ketua ASEAN 2023 menyambut baik momentum bersejarah pertemuan pertama ASEAN dengan para pemimpin negara teluk dalam GCC. Menurut Jokowi, ASEAN dan GCC perlu memaksimalkan potensi ekonomi melalui investasi dan perdagangan yang berimbang, terbuka, dan adil. ”Melalui pembangunan industri, pengakuan sertifikasi halal, serta pengembangan wisata halal,” ujar presiden.

Di bidang ketahanan pangan dan energi, Jokowi menyatakan bahwa keamanan rantai pasok pangan perlu terus dijaga. Caranya melalui kerja sama teknologi pertanian dan pangan serta penyelarasan standar komoditas pertanian.

Jokowi sempat menyinggung perlindungan pekerja migran. Presiden menegaskan komitmen ASEAN untuk meningkatkan perlindungan bagi para pekerja migran di tengah situasi global saat ini dinilai tidak menentu.

Terakhir, Jokowi mendesak dihentikannya tindak kekerasan dan memprioritaskan isu kemanusiaan di Jalur Gaza. ASEAN dan GCC harus bersama-sama mencegah kondisi yang semakin memburuk antara Israel dan Palestina. Namun, tidak melupakan bahwa akar masalahnya adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel. ”Posisi ASEAN dan GCC harus jelas dan solid untuk mendukung solusi perdamaian yang adil dan langgeng di Palestina,” tuturnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular