Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berkas Lengkap, AMIN dan Ganjar-Mahfud Diagendakan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

KORANUSANTARA – Tahapan Pemilu 2024 dimulai. Dua pasangan peserta pilpres sudah resmi mendaftar ke KPU, Kamis, 19 Oktober 2023.  Diawali pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Agenda pendaftaran AMIN sejatinya dijadwalkan sekitar pukul 08.00 WIB. Namun, keduanya baru bisa masuk ke halaman KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Perjalanan AMIN sempat tersendat seiring padatnya lalu lintas.

Perjalanan rombongan AMIN diawali sejak pagi sekitar pukul 04.30. Selepas salat subuh, Anies dan Cak Imin sungkem ke ibunda Anies, Aliyah Baswedan. Momen sakral tersebut diikuti pula oleh istri Anies, Fery Farhati, dan istri Cak Imin, Rustini Murtadho. Ritual meminta restu orang tua tersebut malam sebelumnya juga dilakukan pasangan AMIN terhadap ibunda Muhaimin, Muhasona Iskandar.

Selanjutnya, pasangan AMIN beserta rombongan bergeser ke kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Lanjut ke kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Senen, Jakarta Pusat. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke NasDem Tower, Gondangdia, Menteng.

Saat tiba di halaman kantor KPU, AMIN yang kompak mengenakan setelan kemeja putih, bawahan hitam serta peci itu langsung menyapa para pendukung. Tak lama kemudian, AMIN langsung masuk ke gedung KPU didampingi para elite dan fungsionaris parpol Koalisi Perubahan. Di antaranya ada Ketum DPP NasDem Surya Paloh dan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri. ”Kami memang berencana untuk bisa tiba jam 08.00 tetapi lalu lintas macet, bukan hanya lalu lintas kendaraan rupanya tetapi lalu lintas orang macet,” ujar Anies di awal orasinya.

Selanjutnya, AMIN yang diwakili Anies memaparkan visi-misi sebagai capres-cawapres. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan AMIN membawa gagasan perubahan yang kelak bisa dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia. ”Kita menginginkan harga pokok yang terjangkau,” ujarnya. Selain itu, AMIN juga ingin membuat hidup petani dan nelayan lebih sejahtera.

Tak hanya itu, AMIN juga menginginkan adanya kesetaraan kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan dan kesempatan perlindungan kesehatan yang lebih baik. ”Gagasan dasarnya adalah perubahan menghadirkan kesetaraan, menghadirkan keadilan,” tuturnya.

Setelah pasangan AMIN, pasangan Ganjar Pranowo–Mahfud MD juga mendaftar ke KPU. Mereka tiba di kantor penyelenggara pemilu itu sekitar pukul 12.37. Ganjar–Mahmud ditemani para ketum parpol pengusung. Yaitu, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT), dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Arsjad Rasjid.

Ganjar juga didampingi sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti. Begitu juga bacawapres Mahfud MD turut ditemani istrinya, Zaizatun Nihayati. Putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP M Prananda Prabowo, dan putrinya Puan Maharani juga turut hadir.

Ganjar menyatakan, pihaknya yakin KPU akan menjadi wasit yang netral dalam Pilpres 2024. Bahkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik. “KPU pasti bisa memberikan layanan terbaik dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara,” jelas Ganjar.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa dokumen persyaratan paslon, baik AMIN maupun Ganjar -Mahfud sudah lengkap. “Sudah kami periksa, untuk dokumen persyaratan bakal pasangan calon yang didaftarkan pada hari ini, kami nyatakan lengkap dokumennya,” kata dia.

Kemudian tahap berikutnya, lanjut dia, adalah melakukan verifikasi. Selain itu pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Khusus untuk pasangan AMIN, pemeriksaan kesehatan dijadwalkan pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Sementara Ganjar–Mahfud dilaksanakan Minggu, 22 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Santri.(*)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular