Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berhasil Taklukkan Taiwan, Ginting Lolos ke 16 besar All England 2024

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak 16 besar All England Open 2024 setelah membukukan kemenangan di babak pertama, Selasa (12/3/2024).

Ginting menang atas wakil Taiwan Lee Chia Hao dua gim langsung, dengan skor 21-13, 21-17 dalam tempo 39 menit, pada laga yang digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris.

“Ini pertemuan pertama dengan lawan, dan (kami) belum saling mengenal tipe permainan, jadi antisipasinya dengan mempelajari lewat video-video pertandingan,” ungkap Ginting, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Selain itu, Ginting, yang turun sebagai unggulan kelima dalam turnamen ini, juga banyak berdiskusi dengan tim tunggal putra Indonesia termasuk Jonatan Christie, yang sebelumnya sudah pernah berhadapan dan menang atas Lee pada turnamen Hong Kong Open 2023.

“Jonatan pernah bertemu dia jadi tadi malam kami tunggal putra ada diskusi tentang calon lawan masing-masing. Puji Tuhan, dari apa yang sudah disiapkan semalam, strateginya bisa berjalan dengan baik,” ujar Ginting.

Mengenai jalannya pertandingan, tunggal putra peringkat lima dunia itu sangat mendominasi pada gim pertama. Hal itu terbukti dengan Lee yang tertinggal cukup jauh pada awal gim pertama.

Ginting bahkan sempat unggul 10 angka dari Lee, dan mampu mempertahankan dominasinya hingga akhirnya ia membungkus gim pertama dengan skor 21-13.

Selanjutnya di gim kedua, wakil Taiwan terlihat mencoba mengubah strategi permainannya, dan mampu memberikan perlawanan kepada Ginting di awal hingga pertengahan gim.

Namun, Ginting yang mampu bermain lebih sabar, tidak jatuh dalam tekanan dan bangkit di momen-momen kritis hingga akhirnya ia menang dengan skor 21-17.

“Kondisi lapangan baik di gim pertama ataupun kedua sama saja. Lawan yang memang ada perubahan pola tapi saya bisa cepat mengantisipasi,” kata Ginting.

Dengan ini, maka Ginting bakal bertemu dengan wakil Jepang Kenta Nishimoto di babak 16 besar turnamen BWF Super 1000 ini.

Berdasarkan statistik, Ginting unggul 7-3 atas Nishimoto, dengan wakil Indonesia memenangkan pertemuan terakhir mereka di 16 besar India Open 2024 melalui straight game.

“Setelah ini fokus pemulihan dulu lalu evaluasi pertandingan hari ini seperti apa. Besok masih ada waktu pemantapan di latihan,” kata peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo itu. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular