Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bantuan Sarana dan Prasarana Perkebunan Terus di Gencarkan untuk Kelompok Tani di Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mempersiapkan program bantuan sarana dan prasarana khususnya untuk kelompok tani guna mengembangkan sektor perkebunan yang potensial.

Program-program bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas sektor perkebunan seperti kelapa sawit, kelapa, karet, dan kopi. Kepala Bidang Produksi Disbun Kukar, Subagio, menyatakan bahwa program penyaluran bantuan telah berjalan sejak tahun 2019.

“Tahun ini, kita fokus pada pengembangan perkebunan melalui bantuan bibit, pupuk, herbisida, serta peralatan panen dan perawatan. Bantuan tersebut meliputi mesin pemotong rumput dan alat panen seperti artco dan dodos untuk perkebunan kelapa sawit,” ungkap Subagio baru-baru ini kepada wartawan Koran Nusantara.

Selain itu, untuk perkebunan karet, bantuan yang disediakan mencakup loyang, mangkok sadap, pisau sadap, talang sadap, cincin, dan larutan pengental karet. Sedangkan untuk perkebunan kopi, bantuan termasuk alat pengering, pengupas, pembubuk, dan penggoreng biji kopi.

Subagio juga menyoroti bantuan sarana pembibitan kelapa sawit di Kembang Janggut, yang bertujuan untuk mempermudah petani dalam mendapatkan bibit unggul bersertifikat.

Ditegaskan bahwa bantuan ini ditujukan untuk kelompok tani di Kukar, sesuai dengan usulan mereka yang membutuhkan peralatan, pupuk, bibit, dan alat panen. Subagio berharap bantuan ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan, serta berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular