Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bacawapres Pendamping Ganjar Mengerucut Lima Nama

KORANUSANTARA – Pelan namun pasti, bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi bacapres PDIP Ganjar Pranowo mulai menemukan muaranya. Dari sebelumnya 10 nama mengemuka, kini tersisa setengahnya.

”Sekarang sudah mengerucut menjadi lima nama,” ujar perempuan yang juga menjabat ketua DPR RI tersebut.  Senin, 24 Juli 2023, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan kepada media perihal kelima nama yang dimaksud. “Sekarang sudah mengerucut menjadi lima nama,” ujar Puan.

Ketua DPR RI tersebut menjabarkan, kelima nama yang dilirik partainya sebagai pendamping Ganjar antara lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

Lalu, siapa di antara lima nama tersebut yang paling potensial mendampingi Ganjar? Puan masih belum buka kartu. Yang jelas, nama itu sudah berada di kantong Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dengan demikian, selain Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, nama bacawapres yang tereliminasi adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Masih bertahannya AHY dalam bursa bacawapres PDIP menarik perhatian. Padahal, AHY dan Demokrat masih solid bersama NasDem dan PKS dari perahu Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

”Ini sebuah kehormatan yang kami apresiasi,” ucap Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. Masuknya nama AHY dalam lima besar itu, menurut Kamhar, merupakan bukti bahwa ketokohan dan elektabilitas putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut sangat diperhitungkan dan diakui. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular