Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Atlet Kempo Raih Medali di Jepang, Rendi: Bonus Dianggarkan Tahun Depan

TENGGARONG – Atlet Kutai Kartanegara (Kukar) tampil gemilang pada Shorinji Kempo International Study Session Tokyo, Jepang 2023. Dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu berhasil dibawa pulang dalam kejuaraan dunia kempo tersebut.

Mereka adalah Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizki Amalia yang memperoleh emas dari nomor tanding embu pasangan kyus kenshi putri. Emas lainnya disumbangkan Gadang Mulyane Gusti di nomor tanding tandoku kyu kenshi putra.

Medali perak disumbangkan Nur Indah Ekayanti dan Yulia Sari di nomor tanding embu pasangan 2-dan putri. Sementara perunggu dihasilkan Revy Pratama Syam dan Erik Syahputra (embu pasangan 3-dan putra) serta Didi Rahim Ramadhan dan M Fatur Rahman (embu pasangan kyu kenshi putra).

Ketua rombongan kempo Kukar, Ahmad Zulfiansyah mengatakan, timnya bisa menuai prestasi di Jepang yang notabene asal olahraga kempo merupakan hal yang patut disyukuri.

“Di sini (Jepang) memang sarangnya. Yang pasti etam sudah berupaya maksimal dan berhasil mendapatkan 2 emas, 1 perak, 2 perunggu. Ini hal yang membanggakan dan harus disyukuri,” ujarnya, Ahad, 8 Oktober 2023.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin yang hadir menyaksikan langsung para atlet Kukar berlaga di Tokyo mengatakan, Pemkab Kukar bangga atas keikutsertaan anak-anak Kukar berlaga di event internasional. Bahkan bisa meraih medali.

Rendi mengatakan, akan ada penghargaan dari Pemkab Kukar bagi peraih medali. Dianggarkan pada APBD 2024 dengan besarannya sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kita sama-sama kawal di anggaran 2024 agar penghargaan ini bisa disampaikan. Saya secara pribadi juga memberikan penghargaan berupa uang jajan, nanti dibagi rata saja,” ujarnya disambut tepuk tangan gembira para atlet Kukar.

Tim kempo Kukar yang berlaga di Jepang terdiri 30 atlet, 5 ofisial, dan 6 pelatih. Rombongan dilepas Sekkab Kukar Sunggono di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa, 3 Oktober 2023.

Atlet yang mengikuti kejuaraan kempo di Tokyo, Jepang ini telah melewati beberapa tahapan. Prestasi yang diraih dalam kejuaraan tersebut otomatis meloloskan mereka dalam kualifikasi PON. Sementara untuk junior, Kukar mendapatkan peringkat 2 tingkat nasional.

Di Jepang, atlet tidak hanya mengikuti kejuaraan tapi juga meningkatkan kualitas. Juga study session yang dilaksanakan selama tiga hari yang diikuti pelatih dan para atlet serta ujian kenaikan tingkat. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular