Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Atasi Kebutuhan Rumah Ibadah: Syarifatul Sarankan Kepala Kampung Ajukan Proposal

TANJUNG REDEB – Warga banyak menyampaikan usulan bantuan untuk rumah ibadah dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang sudah rampung belum lama ini. Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah menuturkan, usulan bantuan rumah ibadah itu terkait kelanjutan pembangunan, rehab, dan sebagainya.

“Untuk tindaklanjutnya, para kepala kampung harus mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terlebih dulu,” sebutnya.

Ia menjelaskan, anggaran yang digelontorkan untuk merealisasikan usulan bantuan untuk rumah ibadah berupa dana hibah. “Seperti yang sudah disarankan untuk membuat proposal, karena pembangunan rumah ibadah itu bersifat hibah,” katanya.

Dirinya menyarankan seluruh perangkat kampung yang membutuhkan rumah ibadah segera mengajukan proposal dana hibah kepada pemerintah. “Mumpung SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) belum ditutup, jadi segera buat proposal agar bisa secepatnya diakomodasi,” bebernya.

Meski demikian, Syarifatul mengimbau kepada pemerintah tetap menelaah setiap permintaan tersebut. Pasalnya, tidak semua permohonan itu bersifat darurat, sehingga perlu dilakukan peninjauan sebelum memberikan bantuan dana hibah kepada perangkat kampung.

“Perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu, dinas terkait juga harus melihat konstruksi bangunan masjid itu apakah masih relevan dengan kondisi saat ini. Jangan sampai sudah diberi bantuan sementara bangunannya masih layak,” tegasnya.

Politikus Partai Golkar ini berharap permintaan masyarakat mengenai bantuan rumah ibadah bisa segera diakomodasi, terlebih hal itu sudah masuk dalam usulan prioritas dari kepala kampung setempat. “Mudah-mudahan secepatnya direalisasikan, apalagi ini permintaan dari warga,” tandasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular