Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anies-Ganjar Bertemu saat Menunaikan Ibadah Haji

JAKARTA – Momen pertemuan dua bakal calon presiden, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menjadi perhatian. Keduanya tengah menunaikan ibadah haji. Selain itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa juga tampak dalam pertemuan tersebut.

Suharso lantas mengungkap cerita di balik momen foto tersebut. Suharso menjelaskan awalnya dia melihat Ganjar dan Anies duduk dengan posisi yang sangat dekat. Ganjar dan Anies, kata Suharso, tampak seperti ngobrol.

Tidak ingin kehilangan momen, Suharso pun mengajak keduanya foto. Menurutnya, Indonesia perlu melihat momen bersama Ganjar dan Anies. “Saya hanya senang melihat kedua beliau itu duduk berdekatan, sangat dekat sekali, ngobrol tampaknya saya lihat dari kejauhan. Saya tidak mau kehilangan momentum bersejarah itu bagi saya,” kata Suharso, Selasa, 27 Juni 2023.

“Lalu saya menghampiri dan berucap, ‘Indonesia mesti melihat’. Keduanya menjawab kami berteman sejak mahasiswa di UGM (Universitas Gajah Mada),” lanjut Suharso.

Suharso mengatakan Ganjar dan Anies tidak keberatan saat diajak berfoto. Usai berfoto, Suharso lantas meninggalkan keduanya.  “Lalu mereka tertawa dan saya ajak foto tidak keberatan. Setelah itu saya hanya berucap, ‘insyaallah haji mabrur’. Lalu saya meninggalkan kedua tokoh itu,” ucapnya.

Suharso mengatakan tidak ada pembicaraan politik selama dirinya bersama Ganjar dan Anies. Dia mengatakan pertemuan itu terjadi ketika semuanya sudah mengenakan pakaian ihram.

Dalam foto yang beredar tersebut juga terlihat istri Ganjar, Siti Atiqoh, dan istri Anies yakni Fery Farhati. Ganjar dan Anies tampak mengenakan kain ihram, keduanya tersenyum.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengungkap pertemuan itu berlangsung di jam makan siang di salah satu fasilitas kerajaan Arab Saudi. Kholid belum mengetahui apakah pertemuan itu disengaja atau tidak. Dia menduga tidak ada kesengajaan.

“Sengaja atau tidak, saya tidak tahu detailnya. Mungkin saja itu tidak sengaja, pas lagi jam makan siang, tempatnya sama, sebelahan,” ucapnya.

Sementara itu, politikus senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengungkapkan obrolan di antara mereka. “Mereka sama-sama lulusan Universitas Gajah Mada (UGM). Sudah saling kenal sejak lama, sudah saling bersahabat sejak dulu. Mereka sama-sama pernah jadi gubernur, sering rapat-rapat bareng. Sekarang sama-sama naik haji. Apa yang perlu diributkan?” katanya.

Hendrawan mengatakan Ganjar dan Anies pasti mengobrol setiap bertemu satu sama lain. Di pertemuan mereka di sela-sela ibadah haji, menurutnya, keduanya mengobrol terkait ritual ibadah.

Anggota Komisi XI DPR ini menekankan partainya merupakan partai yang inklusif. Dengan demikian, sebutnya, partai berlogo banteng moncong putih itu menyambut baik persahabatan antar tokoh politik seperti yang diperlihatkan Ganjar dan Anies.

“PDIP adalah partai yang menjadi ‘Rumah Besar Kebangsaan’. Jadi berwatak inklusif dan akomodatif. Dengan demikian menyambut gembira mozaik-mozaik dan narasi persahabatan yang terjadi antartokoh politik,” ucap dia.(kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular