Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggota DPRD Kaltim Puji Setyowati Ingatkan Bahaya TBC

SAMARINDA – Penyakit TBC (tuberkulosis) merupakan salah satu penyakit menular yang bisa mengancam kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang status ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap waspada dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengobatan penyakit ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Puji Setyowati, Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat, dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. Puji, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, mengatakan bahwa penyakit TBC bisa menyebabkan penderita tidak bisa bekerja dan menghasilkan penghasilan.

“Penyakit TBC ini bisa menimpa masyarakat dari berbagai kalangan, baik kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Jika salah satu anggota keluarga terkena TBC, secara perlahan-lahan ekonomi keluarga akan hancur, karena tidak bisa bekerja,” katanya.

Puji menekankan pentingnya edukasi dari pemerintah untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Ia berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini.

“Karena itu, perlu adanya pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Puji juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyediakan fasilitas kesehatan di tingkat bawah, seperti puskesmas, untuk membantu masyarakat yang terinfeksi penyakit TBC. Pemerintah juga akan memberikan obat gratis selama enam bulan dan mengontrol perkembangan kesehatan penderita.

“Peran Puskesmas sangat penting. Obat TBC itu akan diberikan gratis selama enam bulan, kemudian pemerintah akan mengontrol dampak positifnya,” tutupnya. (Adv/DprdKaltim/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular