Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggaran Pendidikan di Berau Besar: Antara Harapan dan Realitas Lapangan

TANJUNG REDEB – Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau, Abdul Waris menyebut bahwa pengembangan dunia pendidikan di Bumi Batiwakkal masih minim atau belum maksimal meskipun memiliki alokasi dana yang besar.

Padahal, Pemkab Berau telah mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 5 triliun lebih untuk sektor pendidikan.

Menurutnya, peningkatan anggaran yang besar tersebut tidak dimaksimalkan dalam pembangunan fisik di sektor pendidikan.

“Meskipun anggaran pendidikan mengalami peningkatan, namun saya melihat tidak ada peningkatan yang signifikan dalam pembangunan fisik di sektor pendidikan kita,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Unit Tata Usaha (TU), alokasi dana yang seharusnya tersedia untuk pembangunan fisik pendidikan mencapai angka Rp 2 triliun.

Namun, data yang tercatat di divisi pendidikan hanya sekitar Rp 30 hingga Rp 40 miliar.

“Dengan jumlah anggaran yang besar untuk pendidikan, tetapi fakta di lapangan bahwa masih banyak sekolah terutama yang berada di pedalaman, yang mengusulkan proyek pembangunan fisik. Seperti pembangunan pagar sekolah dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, terkait hal ini, harus menjadi perhatian Pemkab ke depan. Karena menurutnya, masih banyak usulan pembangunan fisik sekolah, seperti pembangunan pagar dan lain sebagainya yang terus diajukan pada saat Musrenbang kecamatan (musyawarah rencana pembangunan).

“Yang harusnya menjadi perhatian itu perluasan terhadap implementasi anggaran pendidikan tersebut. Tidak hanya terfokus pada peningkatan anggaran, tetapi juga pada penggunaannya yang efektif dan optimal untuk pengembangan infrastruktur pendidikan yang lebih baik,” pungkasnya. (adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular