Senin, Mei 27, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Andi Amran Jabat Mentan, Agus Subiyanto Jadi KSAD

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 25 Oktober 2023. Amran dilantik berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Amran rupayanya cukup percaya diri dengan tantangan di dunia pertanian yang saat ini ada seperti El-Nino. “Insyaallah kami akan langsung menjalankan tugas,” ujar Amran.

Menurut Amran, langkah pertama yang akan dilakukan usai pelantikan adalah melakukan konsolidasi dengan tim Kementerian Pertanian. Amran juga mengatakan bahwa salah satu masalah yang dihadapi petani saat ini adalah kekosongan pupuk yang akan mengakibatkan hasil produksi pertanian menurun.  Menurutnya yang paling penting adalah bagaimana menyelesaikan petani. Untuk itu keluhan petani harus didengarkan.

Lalu soal El Nino, dia menyebut sudah memiliki pengalaman dari 2015. Memang saat itu dia menjabat sebagai menteri pertanian. “Insyaallah El Nino yang sekarang sudah selesai karena sudah hujan,” ucapnya.

Selain Amran, Jokowi juga melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara. Dia menggantikan Dudung Abdurachman. Pelantikan tersebut digelar berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Agus Subiyanto mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI. Kenaikan pangkat Agus Subiyanto didasarkan pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90/TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Angkatan Militer (Akmil) tahun 1991 ini mengatakan bahwa dia akan berkolaborasi dengan seluruh kementerian dan lembaga serta elemen masyarakat untuk membantu melaksanakan program-program yang dicanangkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah menciptakan situasi yang kondusif dalam rangka pemilihan umum serentak. “Jadi kita tidak bekerja sendiri, tentunya dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Usai resmi dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi KSAD, Letjen TNI Agus Subiyanto berpotensi kembali naik jabatan dalam waktu dekat. Kini dia menjadi salah satu kandidat pengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. (*)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular