Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Agustus 2024, Bandara VVIP IKN Ditarget Mulai Beroperasi

BANDUNG – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bandara Very Very Important Person (VVIP) IKN ditargetkan mulai beroperasi pada awal Agustus tahun 2024 ini.

“Untuk bandara VVIP juga direncanakan pada awal Agustus sudah mulai bisa kita operasikan,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam dialog daring yang dipantau di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (2/2/2024).

Menurut Bambang, bandara tersebut dapat dipakai untuk menunjang konektivitas ke IKN.
“Kita lihat apakah commisioning, tes dan sebagainya bisa segera memenuhi kualifikasi dari International Civil Aviation Organization (ICAO) misalnya, sehingga nanti bisa kita pakai juga untuk menunjang konektivitas ke IKN,” katanya.

Bandara IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, itu merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN. Bandara IKN berjarak 23 kilometer (km) dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan.

Sebagai informasi, pembangunan Bandara IKN resmi dimulai usai Presiden Joko Widodo bersama Menhub dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Bandara IKN pada November 2023.

Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat melayani pesawat penumpang sipil berbadan lebar seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur.

Pembangunan dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dimulai dari tahun anggaran anggaran 2023 sampai dengan 2024.

Pembangunan fasilitas sisi darat dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sedangkan pembangunan fasilitas sisi udara dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan, namun tetap modern serta berorientasi alam dan ramah lingkungan. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular