Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Resmikan Whoosh, Digratiskan Selama Dua Pekan

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh, Senin, 2 Oktober 2023. Dalam bahasa Inggris, whoosh memang berarti cepat. Dalam bahasa Jawa, wusss juga bisa berarti cepat.

Namun, versi pemerintah, Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat. Nama itu dianggap merepresentasikan kereta yang bisa melaju hingga 351 km/jam tersebut. Untuk tahap awal, Whoosh dapat dinikmati gratis hingga pertengahan Oktober

Peresmian Whoosh dilakukan di Stasiun Halim, Jakarta. Jokowi tampak didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan beberapa menteri. ’’Kereta cepat Jakarta–Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lain maupun TOD (transitoriented development, Red),’’ kata Jokowi.

Dia berharap jajarannya tidak takut untuk belajar dan mencoba hal baru dalam mengembangkan proyek transportasi massal di tanah air. Meski dalam prosesnya timbul hal yang tak terduga, kesulitan, hingga ketidaksempurnaan. ’’Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga. Dan kita tidak perlu takut, karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan makin sedikit. Biaya kesalahan juga semakin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga makin rendah,’’ paparnya.

Setelah peresmian, rombongan Jokowi melanjutkan perjalanan dengan KCJB menuju ke Stasiun Padalarang. Setiba di Padalarang, Jokowi menyebut bahwa ini kali ketiga dirinya mencoba Whoosh. Rasanya tetap nyaman. Durasi waktu yang ditempuh juga konsisten, yakni 29 menit. ’’Untuk tarif, nanti segera diputuskan. Kurang lebih Rp 250–350 (ribu),’’ ungkapnya.

Dia menegaskan, hingga pertengahan bulan ini, masyarakat bisa menikmati perjalanan dari Stasiun KCJB Halim ke Stasiun Padalarang secara gratis. ’’Yang penting rakyat dilayani dengan baik, rakyat dilayani dengan cepat. Karena fungsi transportasi massal itu di situ, bukan untung dan rugi,’’ ucapnya. Dia pun mencontohkan MRT yang masih disubsidi oleh Pemprov DKI Jakarta dengan total subsidi Rp 800 miliar.

Jokowi melanjutkan, rencana memperpanjang rute kereta cepat hingga Surabaya sudah memasuki masa studi. Dalam dua minggu, proses itu diperkirakan selesai. ’’Lalu, dilanjutkan dengan studi kita sendiri. Setelah kalkulasi selesai, baru diputuskan,’’ ucapnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela-sela peresmian menyebutkan, kereta cepat yang masih dibangun oleh Tiongkok itu akan menjadi pembelajaran bagi Indonesia. ’’Ini teknologi terakhir yang digunakan di Tiongkok,’’ katanya.

Dengan showcase itu, diharapkan ahli perkeretaapian di Indonesia bisa belajar dan mengembangkan diri. Tiongkok juga berjanji akan membuka diri dan mentransfer teknologinya.

Kementerian Perhubungan selaku regulator turut mengikuti perkembangan teknologi perkeretaapian. Terutama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang Whoosh. ’’Kami secara sistematis melakukan pengamatan, penelitian, dan klarifikasi terkait sarana-prasarana dan sistem,’’ ucapnya. (*) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular