Jumat, Oktober 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Perpindahan IKN, DPRD Kaltim Dorong Penguatan Sektor Pertanian Lokal

SAMARINDA – Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur menghadirkan tantangan besar dalam kesiapan pasokan pangan. Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kaltim, Guntur S.Sos, M.Si, menegaskan pentingnya mengembangkan sektor pertanian di wilayah tersebut untuk mendukung ketahanan pangan dan perekonomian daerah.

Guntur mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah penduduk di kawasan IKN akan berdampak langsung pada kebutuhan pangan, sehingga penguatan sektor pertanian, baik padi maupun perkebunan, harus menjadi prioritas.

“Kita harus mulai menyiapkan sektor pertanian untuk menopang kebutuhan pangan di daerah ini. Jumlah penduduk diperkirakan akan meningkat drastis,” ucapnya, Kamis (24/10/2024).

Anggota DPRD dari Dapil Kukar ini menyebutkan bahwa Kalimantan Timur memiliki lahan yang luas dan subur yang memungkinkan daerah tersebut untuk lebih mandiri dalam penyediaan pangan dan mengurangi ketergantungan pada daerah lain.

“Dengan lahan yang kita miliki, kita seharusnya mampu mencapai swasembada pangan, termasuk dalam penyediaan sayuran,” lanjutnya.

Selain itu, Guntur menyoroti perlunya infrastruktur yang mendukung agar produktivitas dan distribusi hasil pertanian berjalan lancar. Ia menilai tanpa infrastruktur yang memadai, perkembangan sektor pertanian tidak akan optimal.

Ia juga meyakini bahwa dengan pengembangan pertanian yang tepat, Kalimantan Timur tidak hanya akan memenuhi kebutuhan pangan lokal tetapi juga berkontribusi pada ketahanan pangan IKN dan memperkuat ekonomi daerah. (Adv)

Penulis: Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular